Rabu, 10 Februari 2010

Kedokteran Gigi (ILMU KEDOKTERAN GIGI)

Apakah kedokteran gigi (ILMU KEDOKTERAN GIGI) wajib ada. Sejak kapan kedokteran gigi ada ?. Apakah dulu peran kedokteran gigi ada dan di perlukan dan apakah sekarang jadinya bla tidak ada ilmu "kedokteran gigi". Maka jawabanya adalah relatif, ada orang yang sangat memerlukan bantuan dokter gigi, ada juga banyak orang yang selama hidupnya tak pernah mengenal dokter gigi.

Ilmu KEDOKTERAN GIGI baru muncul setelah manusia mulai menemui problem terhadap gigi, jadi waktunya sekitar ditemukanya berbagai makanan olahan, makanan perusak gigi itu sendiri. Jadi di zaman abad 18 an meskipun orang tidak menyikat gigi secara rutin, gigi meraka tidak rusak, karena yang mereka konsumsi setiap hari adalah makanan alami, tanpa sentuhan/rekayasa obat kimia.


Saya jadi teringat sebuah cerita, bahwa di zaman Nabi Adam mungkin tidak ada istilah perawatan gigi. Karena semuanya pada saat itu adalah alami. Kemudian Menuju zaman Nabi Musa, Tuhan mulai memerintahkan untuk "berkumur". Ya, pada zaman itu Tuhan hanya mewajibkan manusia untuk berkumur sebagai bentuk perintah untuk umat. Dan yang terakhir adalah zaman Nabi Muhammad, Tuhan menurunkan perintah untuk mulai menyikat gigi pada umatnya. Jadi perintah "sikat gigi" dibukukan di zaman Nabi itu. Nabi bersabda" jikalau tidak memberatkan umatku, niscaya diwajibkan atas mereka menyikat gigi setiap akan sholat". Merenungi hadits ini, sunggung menyikat gigi adalah hal yang sangat penting. Kalau saja tidak memberatkan, sikat gigi adalah wajib dilakukan 5x sehari. Tapi Tuhan merasakan akan ada rasa keberatan pada manusia, sehingga menurunkan derajat perintah "Gosok Gigi" ini hanya merupakan perintah sunnah. Artinya jika sikat gigi dilakukan 5x sehari, maka seseorang akan mendapat keuntungan, dan jika "sikat gigi" ini tidak dilakukan maka orang akan rugi.


Lalu apa yang kita lihat, dunia Kedokteran Gigi telah menjadi ilmu yang perlu di pelajari, karena hampir semua orang malas menggosok gigi, dan hampir semua orang usia 20 ke atas giginya tidak utuh lagi, kecuali orang yang beruntung tadi, orang yang selalu menyempatkan mengosok gigi walau itu berat dilakukan.


Bagaimana agar kita rutin "sikat gigi" sehari minimal 5x, maka bangun tidur langsung sikat gigi. Habis makan 3x sehari, maka sebisanya sikat gigi langsung, dan sebelum tidur sikat gigi lagi. Saya sendiri klo sikat gigi tanpa "Pasta Gigi" jadi menyikat gigi itu cepat, efektif dan tidak ribet. Mengapa saya gak pakai "Pasta gigi" karena, saya gak suka sesuatu yang bersifat kimia. Dan saya pernah mendengar berita Bahaya Floride pada pasta gigi. Silahkan anda cari sendiri di Google.


Pentingnya kedokteran gigi saya ketahui ketika saudara saya mengalami keganjilan pada pertumbuhan gigi nya, entah mengapa, gigi geraham nya tumbuh ke arah yang tidak semestinya sehingga gigi tersebut harus di copot dengan operasi.

1 komentar: