Rabu, 10 Februari 2010

Menambal Gigi Berlubang (GIGI BOLONG/BERLUBANG)

Saya hampir akrab dengan istilah "menambal gigi berlubang". Karena saudara dan tetangga mengalami gigi bolong (GIGI BERLUBANG) yang sangat menggangu. lalu upaya menambal/penambalan gigi itu dilakukan. Tidak sulit mencari dokter gigi yang buka praktik untuk menambal gigi bolong/gigi berlubang. Karena hampir di kota kecil pun banyak "praktek dokter gigi" tersebut.

Yang menjadi adalah apakah poses menambal/penambalan gigi itu akan selalu sukses?. Maka akan ada macam jenis gigi bolong/gigi berlubang yang akan di tambal itu. Ada gigi berlubang (GIGI BOLONG) yang bisa di tambal dan ada yang tidak. Gigi yang masih bisa di tambal menurut pengalaman adalah gigi yang akarnya belum rusak. Jadi semacam "gigi pecah/cuil itu bisa di tambal dan tidak ada gangguna setelah gigi itu di tambal. Yang kedua adalalah gigi yang akarnya rusak dan ada iritasinya. Maka yang terjadi adalah penambalan gigi itu hanya bertahan beberapa bulan.


Seperti yang dialami saudaraku, setelah menambal gigi rasa senang dirasakanya, tetapi beberapa bulan kemudian timbullah rasa sakit pada gigi (SAKIT GIGI) muncul lagi. Ternyata setelah itu dokter yang menambal baru bilang bahwa akar gigi sudak tidak baik, sehingga menambal gigi ini tidak efektif. Maka jalan berikutnya adalah melakukan "cabut gigi". Ya obat sakit gigi jika akar sudah rusak/iritasi ini memang cuma mencabutnya. beres deh. Gak apa-apa ompong semetara, yang penting gak sakit gigi.


Gigi bolong/berlubang bisa terjadi secara singkat. Meski gigi itu terbuat dari bahan yang sangat kuat, tetap saja bisa rusak secara cepat. Saya teringat ketika PKN di pabrik manufaktur pembuat tabung pengaduk bumbu mie instan. Pabrik yang saya tempai itu spesialis pembuat peralatan dari baja stainlees stell. Langganan terbanyak adalah dari pabrik Industri makanan yang memesan perlalatan disitu. Hal tersulit adalah membuat bahan yang tahan untuk menampung bahan bumbu mie instan itu. Karena apa, baja stainless stell setebal 10 mm bisa rusak/jebol terkena daya korosif bumbu makanan itu. Wahhh.

Contoh lain adalah air laut yang sangat cepat menghancurkan besi. Maka biasanya sepeda motor bekas kalau berasal dari daerah pesisir pantai bisa di pastikan body nya cepat keropos. Ya, karena terkena udara pantai yang mengandung uap air garam.

Jadi kesimpulanya adalah kalau besi dan stainless stell tak dapat menahan kekuatan sifat korosif dari bahan kimia dan garam, maka gigi kita pun tidak kuat menahan korosif dari makanan-makanan yang mengandung bahan kimia, seperti pemanis, penyedap, perasa dan pewarna. Maka jika kita selesai memakan makanan semacam itu dan langsung tidur, maka pada malam selama kita tidur, berlangsunglah proses korosifitas pada permukaan gigi kita, beberapa lama kemudian kita terkecut, gigi kita sudah keropos/bolong/berlubang.

Jadi obat sakit gigi bolong (GIGI BERLUBANG) adalah menambal jika tidak parah dan mencabut jika sudah parah/terasa sakit yang berlangsung lama. Ingat jangan lupa sikat gigi walau sebentar, yang penting rutin.

7 komentar:

  1. kalo tambal gigi per lubang skrng tarifnya berapa ya? Thank you.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung tempatnya gan..
      kalo poli 50 - 100 ribuan....

      Hapus
  2. apa hukumnya bila menambal gigi

    BalasHapus
  3. keetulan saya lagi sakit gigi bolong bagai mana yah cara mengatasinya, apa di tambal saja kayanya yah

    BalasHapus
  4. tarif tambal gigi berlubang ? atau pasang gigi permanen berapa?

    BalasHapus
  5. Mas bro mau tanya nich. Kalau gigi sudah berlubang besar kan tidak bisa ditambal dan jalan terakhir adalah mencabutnya. Apakah gigi yang sudah dicabut bisa tumbuh lagi pada umur 17th.

    BalasHapus