Senin, 08 Maret 2010

Mengatasi Sakit Gigi (1)

Di Google sudah ada 189,000 tulisan tentang mengatasi sakit gigi. (0.16 seconds) . Jadi jika anda mengalami sakit gigi dan mau mengatasinya ada banyak obatnya. Tetapi Obat kimia mempunya dampak di hari tua kita. berikut ini tanya jawab konsultasi "mengatasi sakit gigi" (seri 1)

Tanya:
Kadang untuk mengobati sakit gigi digunakan obat Ponstan yang mengandung Asam Mefenamat. Apakah efek samping dari Asam Mefenamat ini? Apakah tidak berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka panjang? Terima kasih atas penjelasannya. Fadjar, 30 tahun

Jawaban :
Fadjar yth,

Asam mefenamat adalah salah satu obat yang bersifat mengatasi rasa sakit (analgesik) dan juga anti-inflamasi (radang) golongan nonsteroid, sehingga sering digunakan untuk mengobati segala jenis nyeri yang disertai pembengkakan, misalnya obat sakit gigi.
Tapi sebenarnya, tidak semua nyeri harus diobati dengan obat anti nyeri, dan seharusnya terlebih dahulu ditelusuri penyebab rasa nyeri tersebut.

Efek samping asam mefenamat adalah gangguan gastrointestinal (pencernaan), mengantuk, reaksi hipersensitif (pada kulit dan juga penyempitan saluran nafas yang istilah medisnya bronkokonstriksi) dan diare. Selain itu, kerusakan butir - butir sel darah pernah dilaporkan juga sebagai efek samping obat ini.
Asam mefenamat tidak dianjurkan untuk pasien dengan penyakit radang usus, kerusakan hati atau ginjal.
Perlu diperhatikan juga untuk pasien yang punya penyakit asma dan wanita hamil.

Bisa dilihat bahwa asam mefenamat adalah obat yang cukup kuat maka tidak dianjurkan untuk pemakaian jangka panjang (tidak boleh melebihi 7 hari pemakaian obat). Kejang adalah tanda keracunan asam mefenamat (bila overdosis). Bila telah timbul pertanda awal keracunan, pemakaian obat HARUS DIHENTIKAN. Rasa sakit permanen tidak dapat dihilangkan secara simptomatis (dilihat dari segi gejala yang muncul), perlu analisa adanya kerusakan / kelainan jaringan organ yang sakit. Untuk kerusakan yang cukup serius, perlu adanya konsultasi dengan dokter lebih lanjut untuk arah pengobatan yang lebih TEPAT GUNA / EFEKTIF dan AMAN.

Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat bagi Anda.

Salam,
Tim Konsultasi Kesehatan Mediasehat

2 komentar:

  1. mau tanya,
    mengapa ya kalau sakit gigi biasanya di beri asam mefenamat?
    bagaimana perbandingan asam mefenamat dengan natrium diklofenak?
    tolong beri info tentang sumbernya juga...
    terima kasih...

    BalasHapus
  2. terimakasih infonya,
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    BalasHapus