Rabu, 10 Februari 2010

Gigi Palsu (GIGI TIRUAN)

Gigi tiruan atau palsu adalah hal yang umum untuk kalangan orang usia menengah keatas. banyak yang membuat seseorang memasang Gigi Palsu/Gigi Tiruan ini. kakek saya generasi tahun 70-an sudah memasang gigi palsu/tiruan. Yang lucu adalah warna gigi itu, yaitu warna emas. Bagi anak kecil melihat gigi berwarna emas adalah hal yang aneh (gigi kok gak putih) itu pertanyaan di hati anak kecil.

Karena zaman sudah berubah, sekarang banyak ditemukan metode pemasangan "gigi palsu atau tiruan" itu. Dan sekarang gigi palsu berwarna emas sudah kelihatan kuno. Iklan di media tentang "pemasangan gigi palsu" sudah banyak. Dan yang mengagumkan mungkin adalah gigi palsu/tiruan itu bisa permanen atau dipakai selamanya. jadi mungkin tak ada problem selama memakai gigi itu.

Salah satu hal yang penting dalam pemasangan gigi palsu atau tiruan itu adalah pembuatan akar gigi. Pembuatan akar gigi palsu adalah hal yang terpenting. Akar gigi harus kuat dan kokoh menyangga gigi. Akar inilah yang bekerja menopang gigi dikala mengunyah makanan. jadi pemasangan akar gigi palsu yang kurang baik akan berakubat fatal di tengah jalan, misal akan akar gigi ini goyang/terlepas. Padahal bukankah pembuatan gigi palsu harus yang paten, yang bisa dipakai selamanya tanpa ada ganguan lagi. Bayangkan jika akar gigi lepas, mungkin ini mengakibatkan "gusi berdarah" (GUSI BERDARAH). Ini bisa membuat kita 2 x pergi ke jasa pemasang gigi.

Lalu apakah sebaiknya seseorang memasang gigi palsu. Maka jawabanya adalah relatif, tergantung orang itu. Karena banyak juga kaum bapak-bapak yang tetap gigi ompongnya gak di ganti gigi palsu. Dan itu put tak menggangu aktifitas bapak-bapak itu, ya karena bagian yang ompong adalah geraham depan, sehingga tak terlihat betul dari luar kecuali menguap lebar. Jadi semua tergantung anda.

Yang terakhir adalah kita bahas mengapa sih sampai kita mengalami gigi ompong/lepas?. Semua itu sebenarnya kesalahan kita sendiri, kesalahan orang tua kita juga termasuk. Sejak kecil kita meremehkan keharusan sikat gigi setiap hari sehabis tidur, sehabis makan dan sikat gigi sebelum tidur. Pola makan juga menentukan kekuatan gigi. Misal Makan bakso yang panas plus minumnya es degan yang dingin. inilah pemicu gigi (GUSI) menjadi rapuh.

1 komentar:

  1. apa sih hukumnya memasang gigi {palsu}tiruan tlng d jawab

    BalasHapus