Minggu, 15 November 2009

Perawatan Gigi Untuk Ibu Saat Hamil

Perawatan Gigi Untuk Ibu Saat Hamil

Perawatan GIGI sebelum dan selama hamil sangat penting. Perawatan tak hanya penting untuk ibu, tapi juga untuk janin.
Sakit GIGI selagi hamil tentu tak enak. Bukan hanya rasa sakit yang akan mengganggu kenyamanan selama hamil. Penanganan akan jadi lebih rumit, sebab ada beberapa bahan penambal GIGI yang harus dihindari ibu hamil. Selain itu, bakteri GIGI dan mulut akibat kesehatan mulut ibu hamil yang kurang terawat bisa mengancam keselamatan janin di masa awal kehamilan. Agar hal-hal tersebut tak terjadi, tidak ada jalan lain, kecuali rajin merawat GIGI.

Perawatan GIGI paling dasar dan wajib adalah menggosok GIGI habis makan, paling tidak 2 – 3 kali sehari. Lalu melakukan pemeriksaan rutin setiap 6 bulan ke dokter GIGI selagi hamil.

Perubahan hormon selama hamil berpengaruh besar terhadap kesehatan mulut dan GIGI. Tidak jarang ada ibu hamil mengalami pembengkakan gusi sehingga gampang berdarah. Masalah lain, morning sickness yang kerap dialami di awal kehamilan turut berperan dalam menaikkan derajat keasaman mulut yang berujung pada GIGI berlubang. Walau kerap terasa mual, sebaiknya tetap bersihkan GIGI secara rutin di trimester pertama ini.

Beberapa hal perlu dilakukan untuk merawat GIGI selama masa kehamilan, diantaranya:

  • Gunakan pasta GIGI yang membuat mulut segar agar Anda tidak merasa mual. Kini pilihan aroma beraneka yang bisa dipilih ibu hamil. Pilih yang sesuai dengan preferensi Anda.
  • Segera berkumur setelah muntah, agar sisa asam lambung dari perut terbuang dari mulut dengan air hangat atau matang.
  • Apabila perlu, berkumurlah dengan OBAT kumur, jika mulut Anda terasa kurang nyaman
  • Gunakan benang GIGI (dental floss) untuk membersihkan sisa makanan yang menyelip di antara geligi.
  • Batasi konsumsi makanan yang terlalu asam dan manis karena berpotensi merusak GIGI.
  • Jangan lupa mengonsumsi makanan mengandung kalsium karena perkembangan GIGI si kecil ditentukan sejak trimester pertama.
source: http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Gizi+dan+Kesehatan/saat.hamil.gigiku.sehat.terawat/001/001/14/2/obat+gigi+anak/Pra+Konsepsi/01/5

3 komentar:

  1. Sakit gigi pada waktu hamil apakah berbahaya...?

    BalasHapus
  2. obat sakit gigi alami Berlubang Paling Ampuh – dan Langkah Mengobati Sakit Gigi, Sakit gigi yaitu rasa sakit yang seringkali dirasa pada sekitaran beberapa ruangan berikut obat sakit gigi yang alami yang bisa menyembuhkan serta menyingkirkan nyeri pada gigi anda memakai bahan serta resep tradisionil yang ampuh. Pasti menginginkan rasa sakit itu cepat mereda serta hilang, tak tahu apa pun langkahnya termasuk juga minum obat sakit gigi spesifik yang umumnya atas saran...

    BalasHapus